Siapa yang lebih bahagia, pemberi sedekah atau penerima sedekah? Sekilas, nampak kebahagiaan hanya terpancar dari raut wajah penerima. Ia terlihat sumringah saat menggenggam uang sedekah dari yang memberi. Tak lupa, sekelumit doa dan rasa syukur dihaturkan untuk orang yang memberinya sedekah sebagai ungkapan terima kasih. Beberapa penerima, bahkan tak sungkan mencium punggung tangan orang yang telah menyisihkan hartanya untuk mereka. Tapi kenyataannya pemberi sedekah itu adalah orang yang lebih bahagia.

Inilah kesimpulan dari kegiatan setelah menjalani kegiatan foodraising, seperti halnya naik gunung. Kita gak akan pernah tahu nikmatnya ketika belum sampai puncak. Kalau berbagi ini kita tidak akan tahu nikmatnya jika belum melakukannya.

Mungkin project foodraising ini terlihat simple. Walaupun kenyataannya memang simple, mencari orang/restoran/hotel yang memiliki makanan berlebih dan ingin berbagi kemudian kita membantu menyalurkannya. Tapi usaha yang harus di lakukan ga biasa, harus usaha yang luar biasa.

Banyak sekali pengalaman yang di dapat dari tugas foodraising ini, intinya ini bukan sekedar tugas. Ini adalah suatu kewajiban bersama, tapi diperkenalkan kepada kami para MT (Management Trainee) melalui sebuah tugas. Dan tugas kami para MT bukan hanya mengerjakannya dengan baik, tapi juga memaknainya.

Dalam project foodraising ini MT di bagi menjadi beberapa kelompok. Saya Adi satu kelompok dengan Atha, Widodo, Evi, Mutiara, Ari dan Hafiza. Setelah dibagi kelompoknya dan diberi tahu mengenai aturan-aturan dalam tugas ini, lalu kami mengadakan breefing. Menentukan sasaran atau target foodraising ini, mengenai strategi tidak perlu dibicarakan lagi karena kami sudah paham apa yang harus dilakukan. Rabu malam kita mulai canvassing ke beberapa tempat, baik by phone ataupun canvassing langsung ke lokasi.

969904_10200384436507146_1215586936_n

Beberapa Hotel yang kami hubungi, Hotel Sari Pan Pacific, Hotel Mandarin Oriental, Hotel Mercure dan Hotel Santika, dari Perusahaan Roti atau Restoran ada J.Co, Holland Bakery, Rotiboy, Fresh Bread, Vee Bread, Golden Egg, Kimmy Bun, Cinnamon and Coffe, Lavender Bakery dan dari restoran ada Ayam Bakar Mas Mono, Bebek Mankyooss dan Illena Fried Chicken.

Alhamdulillah dari usaha keras kami untuk mengajak beberapa perusahaan ini untuk berbagi kepada yang membutuhkan ada beberapa hasil. Dari rabu malam mulai memprospek, hasilnya sudah terlihat dari kamis malam sudah ada yang berpartisipasi. Hasilnya sampai hari minggu dari Vee Bread berpartisipasi 100 roti goreng, dari Kimmy Bun menyumbangkan 20 bungkus roti, 10 box paket nasi dari Bebek Maknyooss, 10 box paket nasi dari Illena Fried Chicken dan dari Ayam Bakar Mas Mono menyedekahkan 25 Box Paket Ayam Bakar. Karena dari kelompok kami merasa kurang jika hanya memberikan Roti tanpa minum untuk melepas dahaga mereka, maka kami sepakat membeli susu kotak untuk di bagikan sepaket dengan roti.

946615_10200242665052803_748312444_n

Sebenarnya awal gambaran dari tugas yang disampaikan mbak Kantry adalah mencari makanan/roti berlebih dari hotel/restoran/toko roti, tapi pada kenyataannya yang kelompok kami dapatkan adalah sangat luar biasa, Vee Bread, Kimmy Bun dan Ayam Bakar Mas Mono langsung ikut berpartisipasi menyedekahkan sebagian produk dagangan mereka tanpa menunggu apakah dagangan mereka akan habis atau tidak. Dari beberapa hotel yang kami hubungi bukannya tidak ingin memberikan makanan berlebih mereka, tapi prosedur yang diterapkan di beberapa hotel membuat proses persetujuan boleh tidaknya makanan berlebih ini disedekahkan agak lama, bukan kami tidak ingin menunggu, tapi deadline dari tugas ini yang menunggu. Bukan berarti karena keterbatasan waktu kami tidak melanjutkan prospek, kami terus melanjutkan prospek-prospek yang ada karena kami berencana kalau foodraising ini harus berkelanjutan. Ada juga hotel yang sudah memiliki tempat khusus dimana mereka mengirimkan makanan berlebih mereka, ada juga yang sudah terikat kontrak dengan gereja juga.

Penyaluran hasil sedekah yang telah berhasil kami himpun dilakukan tanggal 18 Mei hari sabtu pagi pada pukul 06.00. Menyalurkan 120 roti + susu kepada petugas kebersihan yang selepas subuh sudah membersihkan sampah sepanjang jalan-jalan ibu kota, pemulung yang bekerja lebih pagi dari para pejabat dan para pengemis di daerah Ciputat, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Bulungan, Blok M, Fatmawati, Pondok Labu dan Cinere. Melelahkan, tapi akan lebih menyakitkan jika kita tidak pernah mampu membuat mereka tersenyum.

Masih dengan semangat yang tidak ada habisnya pada siang harinya kami lanjutkan membagikan 25 box dari sedekah Ayam Bakar Mas Mono di daerah Depok, Kukel, Pondok Cina, Margonda dan Jalan akses Kampus UI. Dan pada Minggu malam membagikan hasil sedekah dari Bebek Maknyooss dan Illena Fried Chicken sejumlah 20 box. Total penerima manfaatnya sekitar 115 orang.

972288_10200384466187888_1450609898_n

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah kelompok kami masih di beri kesempatan untuk berbagi kepada saudara yang membutuhkan. Berbagi tidak harus saat kita berlebih, yang penting ada kemauan. Berbagi itu memang tak akan semudah yang kita bayangkan, tapi akan jauh lebih indah dari yang kita pikirkan, karena kita mengukir senyum untuk saudara kita. Pengalaman yang tidak terhingga kami dapatkan dari project foodraising ini, semoga kami bisa menjalankan foodraising ini secara rutin. AAMIIN.

Sedekah itu membahagiakan. Siapakah yang dimaksud? Tentu saja yang bersedekah, sebab selain ia telah mendapatkan kesempatan mengenyam surga Allah, kebahagiaan pula bisa melihat senyum orang-orang yang mendapat sedekah. Tak hanya itu, sedekah masih memberikan banyak manfaat bagi pelakunya, antara lain dilipatgandakannya harta kita, dijauhkan dari bahaya, diberikan kesehatan, dan tentu saja menenangkan jiwa. Adakah yang tak menginginkan kebahagiaan seperti itu? Sungguh, khasiat sedekah hanya satu bagi penerima. Namun terdapat jutaan khasiat yang diperoleh bagi pelakunya. Maka, bersegeralah meraihnya. Indahnya Berbagi.

Alhamdulillahirabbil’alamiin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s