Hutang adalah kepercayaan. Kepercayaan dari peminjam dan orang yang meminjamkan.

Hutang ketika dibayar berarti juga membayar penuh kepercayaan yang diberikan. Bahkan juga meningkatkan kepercayaan dari kedua belah pihak.

Hutang adalah perkara mudah, tidak mengembalikan bisa diperkarakan.

Aku memberikan hutang bukan berarti aku banyak uang yang tidak terpakai, tapi karna memang aku memiliki uang yang aku simpan untuk masa depan (tapi belum dipakai saat ini), akhirnya aku mempercayakannya kepada seorang yang aku yakin bahwa ia butuh di saat ini dan ia akan mengembalikannya dikemudian hari sesuai dengan perjanjian.

Aku memiliki uang dari hasil jerih payah tiap hari dan diberikan gaji oleh perusahaan di akhir bulan, setelah aku berusaha untuk mengaturnya sedemikian rupa, alhamdulillah aku bisa menambah tabungan yang akan aku gunakan di masa depan nanti.

 

Aku pun pernah punya hutang dan aku pun pernah merasakan di tagih, gelisah, hati tidak tenang, bahkan bertemu dengan sang peminjam pun tidak enak hati (terutama jika sudah jatuh tempo).

Tidak pernah aku melupakannya bahkan saat akan tidur aku selalu teringat. Apa obatnya? LUNASI.

Leave a Reply

